PPG DalJab Batch 2/ 2018

Peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan tahap 2 tahun 2018 wajib melaksanakan registrasi administrasi (lapor diri) ke Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebelum mengikuti workshop di ULM.

1.  Waktu dan pelaksanaan lapor diri

Pelaksanaan lapor diri dilakukan pada tanggal 24 - 26 September 2018 dengan pembagian sebagai berikut:

Tanggal

Mata Pelajaran

Jumlah Peserta

Total

24 September 2018

Guru Kelas PAUD/TK

25

56

Guru Kelas SD

31

25 September 2018

Matematika

30

55

Kimia

25

26 September 2018

Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan

26

56

Bahasa Inggris

30

 

Pelaksanaan lapor diri dilakukan di kampus ULM (lokasi akan ditetapkan kemudian), pada jam 13.30 – 17.30 WITA. Peserta wajib datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) sesuai jadwal yang ditetapkan. Peserta yang tidak melakukan kegiatan lapor diri dinyatakan mengundurkan diri dari program PPG Dalam Jabatan dan tidak berhak mengikuti kegiatan pasca pembelajaran daring.

 

2.  Kegiatan yang dilakukan dan persyaratan yang dibawa saat lapor diri

Peserta dinyatakan LULUS pembelajaran daring dan membawa:

  1. Pasfoto berwarna berukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 2,
  2. Ijazah S1 (dan S2 atau S3 bila memiliki), asli dan fotocopy (1 copy) yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis (bukan oleh Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, atau lembaga lain yang tidak berwenang). Ijazah asli akan dikembalikan,
  3. SK Kepegawaian terakhir, asli dan fotocopy (1 copy) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang (BKD bagi PNS atau Yayasan bagi guru Yayasan). SK asli dan ijazah digunakan untuk validasi data nama, tempat lahir, tanggal lahir,
  4. Format A1 yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan sudah distempel basah. Format A1 didapat dari website http://sergur.id ,
  5. Pakta Integritas yang telah ditandatangani peserta, yang didapat dari website http://sergur.id,
  6. Fotokopi KTP (1 copy),
  7. Surat Keterangan Sehat Jasmani,
  8. Surat Keterangan Sehat Rohani,
  9. Fotokopi buku rekening tabungan BNI atas nama sendiri (1 copy).

 

Peserta mengisi biodata dan menempelkan foto di atas lembar biodata yang disediakan. Semua persyaratan dimasukkan pada map plastik berwarna hijau untuk Guru jenjang TK, merah untuk Guru jenjang SD, biru untuk bidang SMP/SMA (Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, dan PJOK). Pada sampul map diberi identitas yang bisa terbaca dengan jelas, berisi:

  • Nomor peserta sesuai format A1 (sama dengan identitas untuk masuk ke ppgspada)
  • Nama peserta
  • Mata pelajaran
  • Sekolah dan Kota
  • Nama kelas bidang studi pada saat pembelajaran daring

 

Syarat lain adalah: peserta telah menyelesaikan semua tugas, tes, dan forum pada pembelajaran daring di http://ppgspada.brightspace.com. Akses ke ppgspada akan ditutup pada tanggal 21 September 2018. Pada saat workshop sudah tidak ada aktivitas pembelajaran daring dan tidak ada lagi susulan dengan alasan  apapun.

 

3.  Pelaksanaan orientasi awal

Orientasi awal peserta workshop PPG dalam jabatan dilaksanakan pada 27-28 September 2018 di kampus ULM, Jl. Brigjen H.Hasan Basry, Banjarmasin . Ketentuan pelaksanaan, lokasi ruangan dan waktu pembekalan akan ditetapkan kemudian.

 

4.  Workshop PPG

Peserta mengikuti workshop selama 5 minggu (1 Oktober – 2 November 2018), bertempat di kampus ULM, Jl. Brigjen H.Hasan Basry, Banjarmasin (lokasi ruangan ditetapkan kemudian). Workshop dilaksanakan secara penuh pada hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.00 – 17.30 WIB. Peserta wajib mengikuti workshop secara penuh, dan tidak meninggalkan workshop untuk keperluan lain. Apabila memang tidak bisa mengikuti, peserta bisa membuat surat pengunduran diri yang diketahui oleh Dinas Pendidikan atau Cabang Dinas Pendidikan setempat, disertai bukti yang relevan.

Yang ditanggung ULM pada pelaksanaan workshop hanya biaya pendidikan. Akomodasi dan konsumsi ditanggung peserta masing-masing.

 

5.  PPL PPG

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 3 minggu (tanggal 5 - 23 November 2018), di sekolah mitra PPG. Pada saat PPL akan ada supervisi dari Guru Pamong dan Dosen pembimbing, sekaligus pelaksanaan uji kinerja (tanggal 20 – 23 November 2018). Lokasi sekolah tempat pelaksanaan PPL akan ditetapkan kemudian.

 

6.  Uji pengetahuan

Uji pengetahuan dilaksanakan di kampus ULM pada tanggal 1 – 2 Desember 2018. Bentuknya adalah CBT (Computer Based Test). Lokasi dan waktu ujian per peserta akan ditetapkan kemudian.

 

Informasi awal ini dikeluarkan menyesuaikan pada jadwal yang ditetapkan Kemenristekdikti / Kemendikbud. Informasi ini sebagai acuan bagi peserta untuk menyiapkan sejak awal mengenai akomodasi dan transportasinya. Apabila ada tambahan atau perubahan, akan diberitahukan melalui website PPG ULM (http://ppg.ulm.ac.id). Pertanyaan bisa diajukan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.